Minggu, 13 Mei 2012

Tugas 3 Softskill

1. identitas pernyataan strategi yang dibuat oleh Mc.dermott?

2. berdasarkan informasi yang disajikan dalam pernyataan itu, bukti apa yang dapat Anda hadirkan bahwa   kelompok USSA adalah baik - organisasi yang direncanakan?

3. apa kebijakan pernyataan melakukan make Mc.dermott 's yang akan memandu perilaku karyawan yang perusahaan?

4. menentukan dua tujuan tersirat dalam laporan Mc.dermott adalah tentang perusahaannya

JAWABAN :

1. apa bisnis kita benar-benar dalam? indentitas pernyataan untuk memberikan kelompok eksklusif kami anggota dengan biaya terendah dan kualitas pelayanan tertinggi tersedia di mana saja. yang merupakan komitmen kami. itulah bisnis kita benar-benar masuk

2. pada tahun 1960, tidak ada anggota USAA memiliki kebijakan pemilik rumah dengan asosiasi. hari ini, USAA menjamin lebih dari 700.000 rumah yang dimiliki oleh anggota keluar. sebenarnya lebih aktif - perwira militer bertugas memastikan rumah mereka dengan USAA dibandingkan dengan semua perusahaan lainnya digabungkan. sama pada tahun 1960 tidak ada anggota yang tidak punya asuransi jiwa atau investasi reksadana dengan kami. hari ini, lebih dari satu seperempat juta anggota telah memilih kami untuk produk ini selama ribuan penyedia lainnya di pasar, dan jumlah yang mendaki . saya mengambil banyak kebanggaan, dan begitu juga semua karyawan yang kami,dan sebagai tanggapan terhadap kebutuhan anggota, menjadi penyedia dari berbagai dewan asuransi dan produk keuangan. tes terbaik dari seberapa baik kita bernasib dalam upaya ini terletak pada respon anggota kami

3. kelompok eksklusif kami anggota dengan biaya terendah dan kualitas pelayanan tertinggi tersedia di mana saja.dan sebagai tanggapan terhadap kebutuhan anggota, menjadi penyedia dari berbagai dewan asuransi dan produk keuangan. tes terbaik dari seberapa baik kita bernasib dalam upaya ini terletak pada respon anggota kami

4. bahwa perusahaanya benar-benar dalam ini dapat di lihat dari kebjikannya yaitu kelompok eksklusif kami anggota dengan biaya terendah dan kualitas pelayanan tertinggi tersedia di mana saja. itulah bisnis kita benar-benar masuk

Rabu, 02 Mei 2012

Mengelola Sumber Daya Manusia yang berkesinambungan agar bisa mendukung strategi bisnis Perusahaan

Manajemen SDM berhubungan dengan pengendalian sistem formal dalam organisasi, untuk menjamin penggunaan dan pengembangan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan perusahaan. Peran strategis Manajemen SDM, antara lain: a.Sebagai  connecting role, menghubungkan peran antara SDM dengan bisnis, memahami tujuan bisnis hendak kemana dan membantu mendukung pencapaian kinerja bisnis, dan meningkatkan keterlibatan  pada isu strategis perusahaan. b.Sebagai enabling role, yaitu menempatkan pihak lain (baik internal maupun eksternal perusahaan) sebagai customer yang harus dilayani kebutuhannya (customer first). c.Sebagai monitoring role, dengan cara memanfaatkan Human Resources Information System (HRIS). d.Sebagai inovating role, melalui pengukuran efektivitas dan efisiensi SDM. e.Sebagai adapting role, dengan menggunakan perannya yang fleksibel untuk mengurangi hambatan birokrasi pada perusahaan.
Apa hubungan tanggung jawab manajer SDM dengan manajer perusahaan?
Tanggung jawab manajer SDM, adalah: a.Membuat perencanaan SDM yang strategis di level perusahaan (corporate level). b.Merancang sistem data dan informasi manajemen SDM. c.Menyusun dan menganalisis data dari para manajer di seluruh jajaran mengenai jumlah dan jenis kebutuhan staf. d.Menerapkan rencana SDM yang telah disetujui Direksi. e.Berkoordinasi melaksanakan perencanaan SDM dengan Divisi dan fungsi lain dalam perusahaan.
Sedangkan tanggung jawab manajer perusahaan adalah: a.Mengidentifikasi kekuatan dan kebutuhan SDM di unit kerjanya. b.Mengintegrasikan rencana SDM di unit kerjanya dengan rencana Corporate Plan di tingkat perusahaan. c.Melakukan koordinasi dengan Divisi SDM dalam rangka memenuhi kebutuhan, harapan jumlah dan jenis pekerja yang dibutuhkan dalam waktu yang tepat. d.Melaksanakan strategi SDM yang telah ditetapkan oleh Direksi untuk unit kerjanya. Pada dasarnya setiap manajer di perusahaan dituntut berperan sebagai manajer SDM yang baik,
Pengelolaan SDM yang baik, dilaksanakan secara berkesinambungan melalui rangkaian aktivitas yang terintegrasi dalam kerangka arsitektur SDM, mulai dari aktivitas planning, acquiring, developing, retaining and maintaining, performance management dan terminating. Dengan pengelolaan SDM yang baik, dapat diciptakan SDM yang profesional dalam jumlah memadai berdasarkan keahlian yang dibutuhkan sesuai tuntutan perkembangan usaha, sehingga tercapai produktivitas SDM yang optimal dalam mendukung keberhasilan implementasi strategi yang telah ditetapkan.
Pendidikan dan Pelatihan, diperlukan untuk mendukung strategi SDM yang berkesinambungan
Untuk menghasilkan kualitas SDM yang berkualitas, diperlukan pendidikan dan pelatihan yang terus menerus. Pendidikan ini bisa dilakukan secara internal perusahaan, in house training, ataupun mengirimkan pekerja secara bergantian ke berbagai training provider baik di dalam negeri maupun di luar negeri, untuk melakukan seminar, workshop dan lain-lain.
Pendidikan dan pelatihan SDM bertujuan, untuk: a).Menyediakan pekerja yang siap pakai baik dari sisi kompetensi, manajerial, maupun perilaku, sehingga memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. b).Dilakukan secara terus menerus dan sistematis, baik untuk yang berkaitan dengan kenaikan pangkat dan jabatan, maupun pembekalan. c).Menyiapkan kaderisasi bagi jabatan-jabatan yang akan dikembangkan perusahaan di masa yang akan datang, sehingga pada saatnya tidak memerlukan waktu untuk pengisian jabatan tersebut. d) Bekerjasama dengan unit kerja lain untuk memperoleh data kebutuhan training (training need assessment). e) Menyiapkan pool of talents yang merupakan core competency perusahaan, baik melalui klasikal training maupun knowledge-based management, dan e-learning.
Beberapa perusahaan telah memberikan perhatian yang penuh dalam memberikan pendidikan dan pelatihan bagi para pekerja nya, menyusun road map agar pendidikan dan pelatihan bisa berkesinambungan, untuk regenerasi pimpinan perusahaan. Secara garis besar program pendidikan dan pelatihan terdiri atas:
  1. Program pembekalan bagi para pekerja yang baru masuk. Pendidikan yang diberikan berupa pembekalan pengetahuan dan ketrampilan dasar yang diperlukan pada saat pekerja yang bersangkutan menduduki jabatan yang baru, sesuai yang direncanakan saat perekrutan.
  2. Pendidikan pengembangan. Merupakan pendidikan yang diberikan kepada pekerja yang sudah atau akan dipromosikan ke jenjang ekselon yang lebih tinggi dalam layer manajerial. Dapat pula berupa pendidikan S2 di dalam negeri maupun di luar negeri untuk para staf yang dinilai mempunyai potensi untuk menjadi pimpinan yang tangguh di masa depan.
  3. Pendidikan aplikasi. Pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperdalam pengetahuan, serta ketrampilan pekerja dalam mendukung pekerjaannya sesuai jabatan yang diduduki saat ini. Pendidikan aplikasi dapat dilaksanakan secara in house training, maupun mengikut sertakan pekerja dalam public course, baik di dalam maupun di luar negeri. In house training yang diselenggarakan termasuk workshop, seminar atau benchmarking profil bisnis yang potensial, yang bertujuan memberikan gambaran terhadap industri yang bersangkutan beserta tip dan tricks dari para pelaku bisnis yang memberikan pelatihan.
Agar SDM mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang terintegrasi sesuai pengalaman kerjanya, maka perusahaan perlu mengembangkan matriks pendidikan dan pelatihan, yang kemudian digambarkan dalam blue print pendidikan. E learning dapat digunakan sebagai metode delivery, yang dapat digunakan perusahaan dalam menyelenggarakan pendidikan, terutama bagi perusahaan yang mempunyai jaringan luas dan tersebar ke berbagai wilayah, baik di dalam maupun di luar negeri.
Beberapa manajemen perusahaan memberikan komitmennya terhadap kelangsungan proses kepemimpinan di perusahaan, selain dengan memberikan program pendidikan eksekutif, juga dengan membentuk “Learning Organization”, yang didukung oleh implementasi knowledge management di seluruh jajaran organisasi. Program ini,  seperti yang dilakukan oleh salah satu Bank, contohnya sebagai berikut: Manajemen dan karyawan berbagi pengetahuan melalui berbagai bentuk program, misal: STOP (Sharing with Top Management), SOS (Senior Officer Sharing), Morning Briefing, Lesehan (Learning, Sharing & Fun), MITHOS (Meet The Authors) dan Bedah Buku. Hal ini juga dilakukan di Bank lain, antara lain dengan melakukan cascading learning sebagai bentuk continued learning, yaitu suatu sistem  pembelajaran berkelanjutan dimana para manajer lini berpartisipasi dalam pembinaan dan pengembangan pengetahuan, ketrampilan dan attitude para pekerja binaannya, melalui coaching, mentoring dan counseling.


Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

Organisasi dapat di artikan sebagai wadah  bagi sekelompok manusia yang saling bekerja sama atau bisa juga diartikan sebagai proses pengelompokan manusia yang berkerja sama dengan efisien. Sedangkan metode mempunyai arti tata cara kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.
Dari sumber lain  mengatakan bahwa Organisasi adalah :
  • suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama (Menurut Stoner).<*>
  • Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama(Menurut D. Mooney).<*>
Jika digabungkan keduanya maka memiliki arti :
Rangkaian proses kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan berhasilnya suatu proses management. Terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai suatu target yang telah direncanakan secara efisien.
Seberapa penting peranan Metode dan Organisasi <M & O> ?? maka dengan yakinnya modul ini mengatakan seperti ini :
  • M & O merupakan kunci atas pelaksanaan kerja yang setepat tepatnya.
  • M & O penting bagi kegiatan management
  • M & O dapat memanfaatkan sumber – sumber dan waktu yang ada
  • M & O berfungsi untuk meningkatkan efisiensi kerja dalam mencapai suatu target

Management adalah Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang – orang serta sumber daya organisasi lainnya (Nickels, McHugh and mcHugh 1997). <*>
 Namun pada hakekatnya management adalah proses penggunaan cara – cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan oleh kerjasama dengan orang lain tanpai mengabaikan sumber – sumber lain dan waktu yang tersedia dengan cara setepat – tepatnya.
Berikut adalah penjabaran pengertian Organisasi menurut Nickels, McHugh and McHugh 1997 :
  • Management dalam Perencanaan
Perencanaan sangat dibutuhkan dalam rangka pencapaian target – target yang telah di tetapkan sebelumnya, bagaimana trik – trik dalam mencapai target tersebut agar segera tercapai dengan efisien (sedikit biaya, tinggii hasil).

  • Management dalam Pengorganisasian
Pengorganisasian diadakan dengan tujuan penggolongan bagian bagian kerja sesuai kemampuan masing masing tenaga kerja yang diharapkan dapat berkolaborasi dalam mencapai targer yang telah di tentukan.

  • Management dalam Motivating <pendorongan>
Motivating sangat terlihat keberadaannya ketika para tenaga kerja dalam keadaan tertekan, atau terlibat beberapa masalah dalam pencapaian target tersebut. Motivating ini bertujuan agar para tenaga kerja sadar dan kembali pada target awal sehingga memunculkan suatu tenaga tambahan dalam diri masing masing tenaga kerja untuk lebih semangat lagi mencapai target.

  • Management dalam Pengendalian <controlling>
Pengawasan kepada setiap bagian untuk memastikan bahwa mereka <tenaga kerja> tetap bekerja sesuai rule rule yang telah ditentukan di awal.

Kemudian apa hubungannya antara Organisasi, Metode (tata kerja), dan Management ? Ketiga kata tersebut sangat erat hubungannya, Untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya, Management bertindak sebagai sebuah proses dalam pencapaian tujuan melalui kerja sama antar tenaga kerja, di dalam proses tersebut pasti akan membutuhkan suatu alat pengelompokan kerjasama yang dalam hal ini Organisasi adalah ahlinya. Agar tujuan tercapai dengan efisien, maka Metode (tata cara) menyediakan berjuta – juta cara bagaiamana mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu ketiga komponen ini tidak dapat di pisahkan satu sama lain.


Sumber