Senin, 30 April 2012

Bijuu, Makhluk Mitologi Jepang

9 Bijuu


Sebelum membaca artikel dibawah ini, ada baiknya saya jelaskan apa itu bijuu. Bijuu yang saya maksud disini bukan bijuu yang ada didalam komik Narto, eh Naruto maksudnya, ini adalah bijuu asli dari jepang lhoo.

Bijuu adalah makhluk-makhluk legenda dari mitologi Jepang. Kebanyakan dari mereka bertubuh besar dan berkekuatan menakjubkan. Mereka tersebar di seluruh daerah Jepang. Kekuatan chakra/stamina mereka diklasifikasikan menurut banyaknya jumlah ekor mereka. Yang harus diingat, "Chakra" disini bukan cuma di Naruto saja ya, kata "Chakra" biasa diidentifikasikan sebagai Stamina, bahkan ada beberapa yang menyebutnya sebagai Tenaga Dalam.

Para Bijuu ini hanyalah mitos yang ada di Jepang. Roh-roh mereka disegel di 9 kuil di Jepang. Diantara para Bijuu ini juga ada makhluk yang setengah dewa maupun peliharaan dewa.

Berikut ini adalah 9 Bijuu yang kita bahas sebelumnya tadi :

1. Shukaku

Shukaku si Ekor Satu

 Shukaku adalah nama dari salah satu Bijuu yang berbentuk rakun. Dulunya Shukaku adalah seorang pendera dari Wilayah Nara yang berubah menjadi monster karena kekuatan Yamata no Orochi (Ekor Delapan). Dia lalu berubah menjadi rakun raksasa. Kepribadian Shukaku sendiri terbilang sangatlah konyol dan senang bermain-main. Dia hidup dari jiwa orang-orang yang mati karena pasir dan angin. Tato ungu miliknya menandakan julukannya sebagai 'DEWA ANGIN'


2. Nekomata

Nekomata si Ekor Dua
Nekomata atau si ekor dua adalah salah satu dari 9 Bijuu yang berbentuk kucing hitam raksasa yang memiliki ekor dua. Ia berasal dari Hutan Kematian di utara Hokkaido dan konon pertama kali ditemukan di Hutan Iblis Hokkaido (berbeda dengan hutan kematian). Awalnya Nekomata adalah peliharaan Dewa Kematian (Shinigami) yang hidup dari memakan mayat dan jiwa-jiwa orang mati.


3. Isonade
Isonade si Ekor Tiga
Isonade si Ekor Tiga merupakan monster ikan dalam legenda Jepang, berbentuk seperti hiu dengan tanduk di kepalanya serta memiliki tiga buah ekor dan tiga buah sirip, ia juga mampu mengendalikan air sesuai dengan keinginannya. Pertama kali ditemukan di perairan Yamagawa dan hidup di kedalaman perairan Jepang bagian barat. Setiap beberapa bulan dia akan keluar ke permukaan untuk menghirup udara. Ketika dia melakukan itu dia akan menyebabkan badai dan ombak di perairan sekitar, semua kapal didekatnya akan tenggelam dan kemudian dijadikan makanan olehnya.


4. Souko
Sokou si Ekor Empat
 Sokou atau si Ekor Empat bijuu yang menurut saya sangat menarik asal usulnya, berbentuk setengah ular setengah ayam yang katanya tinggal di gunung Fuji, Jepang. Sokou memiliki empat ekor dan dapat mengeluarkan gas beracun disekitar tubuhnya. ini yang sangat menarik, awalnya Sokou adalah ayam jantan dan ular yang menjalin kasih. Namun akibat pengaruh udara dan racun di pegunungan, kedua hewan itu menyatu dan menjadi besar (Perhatian, dilarang menjalin kasih didaerah pegunungan jika tidak ingin bernasib sama). Sokou yang bergabung sangatlah berbahaya, karena itu seorang ahli iblis (mungkin dukun kali yaa) bernama Yamazaki Ishiro menyegel Sokou ke dalam alat 'Dewa Kandang Bulang Berjaring' (tidak diketahui penulisan bahasa jepang yang benar) di dasar gunung Fuji. Hingga saat ini beberapa masyarakat menganggap bahwa letusan gunung Fuji disebabkan oleh dengkuran Sokou yang tersegel.


5. Hokou
Hokou si Ekor Lima
 Hokou adalah Bijuu yang berupa seperti anjing berekor lima. Setiap ekor makhluk ini merepresentasikan setiap-tiap kekuatan elemental: Api, Angin, Air, Tanah, dan Petir. Itu bisa mengakibatkan kerusakan dahsyat bila digunakan. Kemampuannya ialah menggunakan semua elemen maupun mengkombinasikannya. Setiap elemennya juga bisa menyebabkan bencana tergantung jenisnya. Hokou bermaksud menghancurkan alam untuk mendapatkan kembali lima elemen ini. Dia mengalami cedera berat ketika menantang Kyuubi berdua dengan Nekomata. Cukup aneh, dia adalah dewa ilusi. Hokou hidup di pohon besar yang sudah berumur panjang.


6. Raiju
Raijuu si Ekor Enam
 Raijuu adalah Bijuu yang yang berbentuk seperti berang-berang, mempunyai 4 kaki dan kuku yang amat tajam. Bila meraung seperti guntur. Aslinya, dia adalah dewa petir, tetapi karena pengaruh kekuatan Yamata no Orochi dia berubah menjadi monster. Raijuu bisa mengeluarkan listrik dalam jumlah besar untuk keperluan pertarungan. Bulunya berwarna emas dan ujungnya berdiri. Memiliki enam ekor yang bentuknya seperti petir, seperti dewa petir kuno.

 Raijuu juga digambarkan sebagai rekan Raiden, dewa guntur dari agama Shinto. Biasanya, Raijuu tenang dan tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi buas dan agresif ketika terjadi badai petir dan mengenai apa saja di sekitarnya, batu, pohon bahkan bangunan (orang dulu bilang bahwa pohon yang tersambar petir terkena cakaran Raijuu).

 Ada juga yang mengatakan Raijuu tidur di perut manusia. Ini membuat Raiden menembakkan panah ke perut orang - orang yang tidur untuk membangunkannya, yang bisa membuat orang kesakitan. Raijuu dulu tidur di perut orang - orang bila cuaca sedang buruk. Ada pula yang mengatakan bahwa Raijuu hanya tidur di perut orang yang sedang tidur di luar rumah.


7. Kaku
Kaku si Ekor Tujuh
 Kaku bisa juga dibaca sebagai "mujina" adalah Bijuu berbentuk tupai. Kanjinya juga bisa dibaca sebagai Mujina, yaitu nama subspesies dari tupai (Meles Meles Anaguma) yang ada di beberapa tempat di Jepang. Dia berasal dari altar pengorbanan di pinggiran Nagoya. Kaku mempunyai tujuh ekor dan yang terkecil diantara para Bijuu, walaupun begitu dia adalah Bijuu terlicik dan paling "penyusup" dari sembilan Bijuu lainnya. Kaku memburu mangsanya dari dalam tanah sepanjang waktu.

 Dia membunuh dengan melongsorkan/menghancurkan bagian tanah dibawah mangsanya, membuatnya jatuh tepat di mulutnya yang sudah terbuka lebar. Di atas tanah, dia bisa berubah menjadi apa saja, asalkan dia mempunyai tanah liat. Tubuhnya berwarna biru.


8. Yamata no Orochi
Yamata no Orochi si Ekor Delapan
 Yamata no orochi sangat terkenal di jepang. Bahkan musisi kondang jepang KITARO menggubahnya dalam alunan lagu berjudul Orochi atau "The Dragon Way". Yamata no Orochi adalah Bijuu berbentuk ular. Dia memiliki mata berwarna merah darah, delapan ekor dan kepala (juga digambarkan dililit oleh akar belukar dan semak) dan memiliki kekuatan dari dunia iblis, simbol kejahatan. Setiap kepala Orochi melambangkan simbol: jiwa, hantu, kejahatan, iblis, dunia setelah kematian, dan kematian. Kekuatan sebenarnya dari Orochi seharusnya tidak terlalu besar, bahkan cenderung lemah. Seorang anggota klan Kusanagi, ketika menyerangnya melakukan kecerobohan, menggunakan pedang legendaris Kusanagi no Tsurugi. Karena itu, sebagai konsekuensinya, Yamata no Orochi mengambil alih pedang itu dan menyerap kekuatan yang ada didalamnya dan menjadi mahluk yang amat kuat, dan akhirnya menyimpan semuanya didalam tubuhnya. Dengan kekuatan barunya, Orochi mengeluarkan kekuatan kegelapan yang amat besar sehingga membangunkan bijuu yang lain, dan menjadi arogan.

 Orochi mengalahkan banyak bijuu tetapi dia dikalahkan oleh Kyuubi. Alasannya sederhana: kekuatan Kyuubi tidak terbatas, membuat sebuah lubang pada Kusanagi yang bahkan Enma dan Sarutobi tidak bisa menggoresnya sedikitpun. Dalam legenda, dia menyamai Kyuubi dalam hal kekuatan, tetapi dia mempunyai batasan.

 Panjang tubuhnya melebihi besar 8 gunung, dia adalah bijuu yang terbesar. Aslinya, dia lebih lemah dari Hokou dan Nekomata. Tetapi, itu 1000 tahun sebelum pejuang pemberani mencoba mengalahkannya dengan Kusanagi no Tsurugi. Dalam prosesnya pedang itu terserap oleh Orochi, lalu memperbesar kekuatannya secara masif. Setelah itu dia bebas menggunakan kekuatan pedang itu dari perutnya. Dia berasal dari medan perang kuno di Osaka. Kabarnya yamata no orochi disegel dalam tubuh orochimaru. ia sebenarnya sudah hampir diambil oleh akatsuki, tetapi karena kekuatannya akatsuki gagal mengambilnya dan orochimaru pun keluar dari organisasi itu.


9. Kyuubi
Kyuubi no Yokou si Ekor Sembilan
 Kyuubi merupakan Bijuu dengan bentuk rubah berekor sembilan dan merupakan yang terkuat diantara para Bijuu. Alasan kenapa dia sangat kuat amat sederhana: dia mempunyai chakra yang tidak terbatas, membuatnya pantas menyandang nama "Raja para Bijuu". Kekuatannya berasal dari segel api miliknya. Setelah bertarung selama 100 tahun dengan Yamata no Orochi, segel itu menjadi kelelahan; tetapi Kyuubi masih bisa bertahan dan berdiri. Dia juga licik dan cerdas. Cara berbicaranya sangat sadistis dan sarkastik. Begitu pula kelakuannya.

 Kyuubi no Yokou adalah Bijuu terkuat dalam Mitologi Jepang. Tubuhnya ditutupi bulu berwarna merah.


 Sekian Postingan saya mengenai Bijuu original dari jepang. Semoga Bermanfaat ^_^

1 komentar: