Senin, 28 November 2011

Apa Itu Vocaloid ?

karena kehabisan ide apa yang mau gw tulis disini, terpaksa gw ngangkat tema vocaloid disini, gw kurang lebih bisa disebut penggemar vocaloid sih :D apa itu vocaloid ?

Vocaloid adalah suatu perangkat lunak buatan Yamaha Coorporation yang dapat menghasilkan suatu output berbentuk suara nyanyian manusia. Dengan hanya memasukan komposisi musik, lirik, dan contoh/sample suara yang akan bernyanyi, kita sudah bisa mendengar suara nyanyian manusia yang dinyanyikan oleh sebuah mesin.

Nama Vocaloid sendiri berasal dari kata 'Vocal' dan 'Android'. hmmm pasti ngertilah arti nama dari vocaloid itu sendiri, kan udah gw jabarin diatas :p

kebayang ? kebayang ? liat video ini aja deh :

cuma ada gambar anime sama suara doang ? ini video clipnya doang kan ? biasa kali video sama artisnya yaa dia itu, kebayang gk kalo yang jadi artis di vocaloid itu yaa gambar anime itu ? di Jepang sana vocaloid populer lho, walaupun ada beberapa sekolah jepang yang ngelarang muridnya ngedengerin lagu dari vocaloid, mungkin karena takut kayak di film terminator kali yaa, dimana mesin ngejajah manusia *kolot banget pak, ato itu cuma halusinasi bapak/ibu guru saja XD


Perangkat ini dirilis sama Yamaha pada 26 Februari 2003. Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data "artikulasi nyanyian" yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.

Kebayang pengen beli ? ato pengen download ? mending beli aja deh, kalo mo download juga gw rasa percuma, mau tau ukuran software vocaloid ? sekitar 1gigabyte lho, bahkan bisa lebih.. buat yang punya koneksi lemot *kaya gw* mending mikir 10kali eh bahkan gk usah mikir deh, langsung batalin aja keinginan pengen download software begituan XD

di Indonesia mungkin untuk sebagian pecinta anime/otaku udah familiar sama Vocaloid ini yaiyalah secara ini 2D lho, bidangnya pecinta anime bangetkan , hehehe

oia, kata temen gw juga artis vocaloid punya beberapa kelebihan lho dari artis manusia pada umumnya :
1. Bebas skandal *2D mo dibuat skandal ? gimana buatnya tuh o_O *penasaran
2. Dijamin gk bakal sombong deh kalo jadi artis, yaiyalah apanya yang mo disombongin coba, punya hati aja enggak, mana mungkin bisa sombong
3. Irit kemanan, kalo vocaloid mo dateng ke Indonesia gk perlulah pake dijaga ketat layaknya David Beckham ato Katy Pery, dipikir aja deh kenapa gw bisa ngomong gitu XD

hehehe, mungkin itu aja deh tulisan gw di blog ini, mohon maaf kalo tulisan gw ini agak jelek atau apalah segala macem, lagi ngejar deadline tugas tulisan soalnya, hehehe, mungkin kalo ada waktu nanti gw edit deh :D

1 komentar: