Kamis, 24 Juli 2014

Cara Perhitungan Bunga Bank

Pernah dengar apa itu istilah Bunga Tabungan ?. Bunga Tabungan adalah imbal jasa atas pinjaman uang. Imbal jasa ini merupakan suatu kompensasi kepada pemberi pinjaman atas manfaat kedepan dari uang pinjaman tersebut apabila diinvestasikan. Mungkin masih agak mengambang kenapa kita mendapatkan imbalan padahal kita kan hanya menyimpan uang saja di bank, tidak memberikan profit apapun ke bank.

Nah justru kita menyimpan uang di bank itulah yang memberikan profit ke bank. Oke misalkan Tuan A menyimpan uang di bank Z sebesar 500 juta, pihak bank tidak hanya menyimpan dana tersebut tetapi dana tersebut di putar guna untuk kepentingan lain, misalkan memberikan pinjaman ke nasabah lain (tentunya pinjaman tersebut disertai bunga). Bunga yang dibayarkan oleh peminjam ini yang akan diberikan kepada kita, tentu tidak semuanya karena ada takaran tersendiri berapa bunga yang diberikan oleh pihak bank tersebut.

Yang saya bahas dalam tulisan kali ini adalah metode yang digunakan untuk perhitungan bunganya, terdapat 3 cara untuk menghitung bunga tabungan, sebagai berikut :

1. Saldo Harian

Bunga dihitung setiap hari dan total jumlah bunga, bulan yang bersangkutan ditambah ke rekening pada awal bulan berikutnya :


2. Saldo Rata - rata

Bunga dihitung berdasarkan rata - rata selama satu bulan :


3. Saldo Terendah

Bunga dihitung berdasarkan saldo yang paling rendah selama periode waktu perhitungan :


Demikian cara perhitungan Bunga Bank/Tabungan.



 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar